TIPS MENCEGAH VIRUS INFLUENZA

Cuaca dingin dan hujan yang mengguyur Jakarta beberapa waktu belakangan ini memang berpotensi memicu berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah flu. Sebetulnya mengatasi flu memang susah-susah gampang, namun tergantung dengan daya tahan tubuh seseorang dan pola gaya hidupnya. Namun ada beberapa kebiasaan yang kami sarankan untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan.

TIPS MENCEGAH VIRUS INFLUENZA
Cuaca dingin dan hujan yang mengguyur Jakarta beberapa waktu belakangan ini memang berpotensi memicu berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah flu.
Sebetulnya mengatasi flu memang susah-susah gampang, namun tergantung dengan daya tahan tubuh seseorang dan pola gaya hidupnya.
Namun ada beberapa kebiasaan yang kami sarankan untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan.

1.Mencuci tangan
Sebagian besar virus flu dapat menyebar melalui kontak langsung. Seseorang yang bersin dan menutupnya dengan tangan kemudian dia memegang telepon, keyboard komputer, atau gelas minum, maka virusnya akan mudah menular pada orang lain yang menyentuh benda-benda tersebut.
Virus mampu bertahan hidup berjam-jam bahkan hingga berminggu-minggu. Oleh karena itu, usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin.

2. Jangan menutup bersin dengan tangan
Bila kita menutup bersin dengan tangan, maka virus flu akan mudah menempel pada tangan dan dapat menyebar pada orang lain.
Jika kita merasa ingin bersin atau batuk, gunakanlah tisu dan kemudian segera membuangnya.

3. Jangan menyentuh muka
Virus flu masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, maupun mulut. Menyentuh muka merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh anak-anak yang terserang flu dan akhirnya menjadi cara mudah menularkan virus tersebut pada orang lain di sekitarnya.

4. Minum banyak air
Air berfungsi untuk membersihkan racun dari dalam tubuh dan memberikan cairan pada tubuh. Orang dewasa yang sehat umumnya membutuhkan delapan gelas air per hari.
Bagaimana menandai bahwa tubuh kita sudah mendapatkan cairan yang cukup? Jika warna urine berwarna relatif jernih berarti tubuh kita memang mendapatkan cukup cairan, sebaliknya jika berwarna kuning gelap berarti tubuh kita memerlukan lebih banyak cairan lagi.

5. Mandi sauna
Meskipun belum terbukti bahwa mandi sauna dapat berpengaruh terhadap pencegahan flu, namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mandi sauna dua kali per minggu akan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terserang flu.
Hal tersebut memang sesuai dengan teori bahwa ketika kita menghirup uap panas lebih dari suhu 80 derajat celcius akan menyebabkan virus flu akan sulit untuk bertahan.

6. Menghirup udara segar
Menghirup udara yang segar memang sangat penting bagi kesehatan tubuh, khususnya di cuaca yang dingin karena cuaca seperti ini akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap virus flu.

7. Lakukan olahraga aerobik secara teratur
Olahraga aerobik dapat mempercepat jantung untuk memompa darah lebih banyak sehingga kita bernafas lebih cepat untuk membantu mentransfer oksigen ke paru-paru dan ke dalam darah. Olahraga ini juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

8. Konsumsi makanan yang mengandung phytochemical
Phytochemical merupakan bahan kimia alami yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan yang berperan memberikan vitamin pada makanan.

9. Konsumsi yogurt
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yogurt yang rendah lemak setiap hari dapat mengurangi risiko terserang flu sekitar 25 persen.
Bakteri menguntungkan yang terdapat di dalam yogurt diketahui dapat menstimulus produksi sistem kekebalan tubuh untuk menyerang virus.

10. Relaksasi
Jika kita dapat mengajari diri sendiri untuk relaks atau santai, maka dengan sendirinya kita juga dapat mengaktifkan sistem imunitas tubuh.
Diduga ketika kita melakukan relaksasi, maka interleukin (bagian sistem imunitas yang merespon terhadap virus flu) akan meningkat dalam aliran darah kita

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Berita,2,Masa Depan,3,Obat,1,Pelayanan,2,Penyakit,6,Tips,5,Tips Kesehatan,3,
ltr
item
Sehat Lingkunganku: TIPS MENCEGAH VIRUS INFLUENZA
TIPS MENCEGAH VIRUS INFLUENZA
Cuaca dingin dan hujan yang mengguyur Jakarta beberapa waktu belakangan ini memang berpotensi memicu berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah flu. Sebetulnya mengatasi flu memang susah-susah gampang, namun tergantung dengan daya tahan tubuh seseorang dan pola gaya hidupnya. Namun ada beberapa kebiasaan yang kami sarankan untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan.
http://1.bp.blogspot.com/-TmSh5R1lLoc/UwNPd3vUNSI/AAAAAAAAAZA/rebh1XQqtyA/s1600/fluman.gif
http://1.bp.blogspot.com/-TmSh5R1lLoc/UwNPd3vUNSI/AAAAAAAAAZA/rebh1XQqtyA/s72-c/fluman.gif
Sehat Lingkunganku
http://lingkunganku-sehat.blogspot.com/2014/02/tips-mencegah-virus-influenza.html
http://lingkunganku-sehat.blogspot.com/
http://lingkunganku-sehat.blogspot.com/
http://lingkunganku-sehat.blogspot.com/2014/02/tips-mencegah-virus-influenza.html
true
8068949159279865390
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy